• Balai Perikanan Budidaya Laut Batam, We Are The Best And The Biggest, Batam Mariculture Development Center Leading Innovation in Mariculture Development, Motto Pelayanan : Datang Membawa Harapan, Pulang Membawa Senyuman

DKP Kab.Kaur-Bengkulu Adakan Studi Lapangan di BPBL Batam

dinas-kab-kaur

Zaeni Salah Satu Tim di Unit Pembesaran KJA Sedang Memberikan Makanan Ikan Bawal Bintang Sambil Memperlihatkan Kepada Tamu Dari DKP Kabupaten Kaur Bengkulu. Selasa (29/11/16)

BPBL Batam-(30/11/16) Kemarin siang, Selasa (29/11) sekitar pukul 13.30 wib  6 (enam) orang dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kaur Bengkulu melakukan studi lapangan di Balai Perikanan Budidaya Laut Batam.

Rombongan terdiri dari Ahmad Midianto, SH (Plt. Kepala Bidang Pesisir dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan), Elyan Jumedi, S.Pi, M.Si (Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir), Buyung Saiful Rachman, ST (Kasi Konservasi dan Tata Ruang), Septi Nopayanti (Staf) dan dua orang Kelompok Budidaya.

Elyan Jumedi, S.Pi, M.Si (Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir) menyampaikan Studi lapangan yang kami lakukan ini adalah dalam rangka pembinaan dan peningkatan sumberdaya masyarakat perikanan dikawasan ekowisata, yang nantinya kami akan kunjungi juga dikawasan Pulau Bintan, dan daerah kawasan konservasi Perairan Pulau Batam, dan untuk kepulau Bintan besok hari kamis kami akan kesana, ujarnya saat mengakhiri sambutannya.

Rombongan tersebut diterima oleh Kassubag Tata Usaha (Nur Muflich Juniyanto, S.Pi, M.Si) bersama Kasi PDT (Dwi Martha Dinata, A.Md, S.PKP), sekaligus memberikan penjelasan tentang komoditas unggulan dan komoditas yang dikembangkan oleh BPBL Batam.

Tiga puluh menit kemudian setelah selesai berdiskusi, rombongan melakukan kunjungan kelapangan didampingi oleh Humas Bpbl Batam (Na’an) dimulai dari Unit Produksi Pakan Alami, Unit Pengelolaan Induk, Unit Pembenihan dan Pendederan, Unit Pembesaran Keramba Jaring Apung dan berakhir di Unit Pembenihan Ikan Hias dan Kekerangan.

Dekan Fakultas Sains Dari UNDIP, Jajaki Kerjasama Dengan BPBL Batam

dekan-sains-undip

BPBL. BATAM – (29/11/16) Sebanyak 4 (empat) orang Dekan Fakultas Sains dari Universitas Diponegoro melakukan kunjungan di Balai Perikanan Budidaya Laut Batam diantaranya Prof. Dr. Widowati, S.Si, M.Si (Dekan Fakultas Sains dan Matematika), Drs. Bayu Surarso, M.Sc, Ph.D (Wakil Dekan I) dan Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si, Ph.D (Koordinator Kerjasama dan Pengembangan).

Kunjungan diterima oleh Kasubag Tata Usaha (Nur Muflich Juniyanto, S.Pi, M.Si), bersama Kasi PDT (Dwi Martha Dinata, A.Md, S.PKP), (Agung Darmono, S.Pi) dan Koordinator Fungsional (Ir. Muh. Kadari, M.Si).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk  menjajaki kerjasama khusus bidang peneltian dan pengembangan bidang fisika, kimia dan lingkungan untuk mendukung pengembangan perikanan budidaya. .

Pertemuan diawali dengan diskusi sekaligus menjelaskan tentang keberadaan BPBL Batam terutama fasilitas Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan  oleh Kasubag Tata Usaha (Nurmuflich Juniyanto).

Satu jam kemudian diskusi diakhiri dengan kunjungan kelapangan untuk melihat fasilitas dimulai dari unit produksi pakan lalami, pengelolaan induk, pendederan/pembenihan dan berakhir di Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan.

Balai Karantina Ikan Kelas II Semarang Adakan Studi Banding di BPBL Batam

karantina-semarang

BPBL Batam – (25/11/16) Dalam rangka peningkatan pemahaman tentang pelayanan perizinan dan penataan Sistem Manajemen Sumberdaya Manusia dilingkungan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Semarang, maka perlu dilakukan studi Banding guna untuk memahami peraturan terutama dalam pengelolaan kepegawaian yang biasa dilakukan oleh temen-temen di Bpbl Batam, ujar Ely Musyarofah, S.Pi selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha saat memberikan penjelasan diruang Kepala BPBL Batam kemarin siang, Kamis (24/11/16)

Dan kami datang kesini sebanyak lima orang diantaranya Ely Musyarofah, S.Pi (Kepala Sub Bagian Tata Usaha), Sarwan, S.Pi, M.Si (Kasi Pengawasan Pengendalian dan Informasi), Joko Purwono, SE, MM (Pelaksana) ditambah dua tenaga Kontrak Siti Maemukanah dan Fitri Antoro, jelas Ely.

Mendengar penjelasan tersebut Kepala Balai (drh. Toha Tusihadi) langsung mengarahkan ke Kasubag Tata Usaha (Nur Muflich Juniyanto, S.Pi, M.Si) bersama pengelola kepegawaian untuk memberikan presentasi tentang pengelolaan kepegawaian yang biasa dilakukan di Balai Perikanan Budidaya Laut Batam.

Selang beberapa jam kemudian setelah mendengarkan pemaparan dari Kasubag Tata Usaha Bpbl Batam (Juniyanto) panggilan akrabnya lalu dipersilahkan bertanya saling bertukar pikiran atau pendapat agar suasana lebih semangat.

Selanjutnya pertemuan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan yang diterima oleh Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut Batam (Toha) panggilan akrabnya.