• Balai Perikanan Budidaya Laut Batam, We Are The Best And The Biggest, Batam Mariculture Development Center Leading Innovation in Mariculture Development, Motto Pelayanan : Datang Membawa Harapan, Pulang Membawa Senyuman

Awal Tahun 2017, BPBL. Batam Perdana Berikan Bantuan Benih

bantuan-1a

BPBL.Batam – (10/01/17) Sekitar pukul 06.30 wib tadi pagi, Tim Pembenihan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam melakukan packing ikan untuk pengiriman bantuan benih perdananya diawal Tahun Anggaran 2017.

Bantuan tersebut dikirim ke Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Fish Duo di Kabupaten Pariaman-Propinsi Sumatera Barat, yaitu bantuan benih ikan Bawal Bintang sebanyak 10.000 ekor.

Selain ke Sumatera Barat, pada bulan ini juga akan segera dikirimkan bantuan benih ke sejumlah Pokdakan yang ada diwilayah Kota Batam-Propinsi Kepulauan Riau sebanyak 25.000 ekor benih ikan Bawal Bintang.

Sampai akhir tahun 2017 BPBL Batam ditargetkan mampu memberikan bantuan benih ke sejumlah Pokdakan sebesar 250.000 ekor benih ikan laut (Bawal Bintang, Kakap Putih dan Kerapu).

Bantuan tersebut tidak termasuk bantuan benih dalam rangka revitalisasi Karamba Jaring Apung (KJA) di Propinsi Kepulauan Riau, meliputi Kota Batam (sebanyak 50.000 ekor benih ikan Kakap Putih), Kabupaten Bintan (sebanyak 30.000 ekor benih ikan Kerapu dan 30.000 ekor benih ikan Kakap Putih) dan Kabupaten Natuna (sebanyak 40.000 ekor benih ikan Kerapu).

Program Revitalisasi KJA 2017, BPBL Batam Lakukan Identifikasi Kelompok Budidaya

revitalisasi

BPBL Batam – (28/11/16) Salah satu dari program prioritas Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk tahun anggaran 2017 adalah Program Revitalisasi Keramba Jaring Apung (KJA).

Dengan program ini diharapkan pemerintah dapat membantu kelompok pembudidaya ikan yang sudah mendapatkan bantuan KJA agar bisa lebih produktif lagi sehingga bisa turut andil dalam meningkatkan produksi perikanan dari hasil budidaya.

Ketua Tim Revitalisasi KJA 2017 BPBL Batam (Faisal Andre Siregar, A.Md, S.PKP) menyampaikan bahwa dari data Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, salah satu kabupaten yang mendapatkan bantuan KJA cukup banyak adalah Kabupaten Natuna sebanyak 240 lubang berasal dari (APBD 2012 dan 2013).

Untuk itu perlu kiranya dilakukan survey dan identifikasi awal  mengenai kondisi kelompok pembudidaya ikan khsususnya di Kabupaten Natuna, Ujar Faisal saat melakukan pendataan KJA di Natuna, Selasa, (22-26/11/16).

Pada kesempatan yang sama (Saipul Bahri, S.ST.Pi) sebagai Anggota dalam Tim tersebut menambahkan bahwa tujuan kami melakukan identifikasi kelompok pembudidaya ini adalah untuk Mengetahui calon kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) yang akan menerima program revitalisasi KJA, mengidentifikasi permasalahan dan kondisi terkini POKDAKAN, mengidentifikasi sarana dan prasarana yang ada di POKDAKAN, dan mengetahui kondisi teknis untuk mendukung program Revitalisasi KJA, tutup Saipul sambil memandang lokasi  Keramba Jaring Tancap (KJT) salah satu milik pembudidaya Pokdakan Bintang Laut (Suyoga Sanjaya).

15.000 Ekor Bantuan Benih Bawal Bintang Siap Meluncur

ban-benih-15000

Bpbl Batam – (21/11/16) Dua hari yang lalu (19/11), Unit Pembenihan Balai Perikanan Budidaya Laut Batam melakukan Packing Benih Ikan Bawal Bintang ukuran 5 – 6 cm sebanyak 15.000 ekor untuk dikirim kelima tempat, Sabtu (19/11/16)

Bantuan ini merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya yang dilaksanakan oleh Balai Perikanan Budidaya Laut Batam sebagai Unit Pelaksana Teknis yang berada disetiap daerah.

BPBL Batam Lakukan Kegiatan Diseminasi Rumput Laut

diseminasi-rumput-laut

BPBL Batam– (1/11/16) Tim dari Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam (Rustiandi, Antin Sri Lestari, S.Pi, Mutia Nurhayati, S.Pi,  Jhonner Sihotang, A.Md) melakukan kegiatan monitoring desiminasi rumput laut, Senin (31/10/16)  dengan tujuan melihat perkembangan bibit rumput laut yang sudah ditanam beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 13 Oktober 2016.

Kegiatan ini bertempat di Pulau Jaga Kecamatan Moro Kabupaten Tanjung Balai Karimun Kepri, dengan kelompok barokah jaya yang diketuai oleh (Burhan), salah satu binaan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam.

Rustiandi mengatakan Kegiatan Diseminasi ini dilakukan dengan menggunakan sistem rakit. Bibit rumput laut yang sudah ditanam saat sekarang ini sudah berumur 18 hari dan kondisi pertumbuhannya cukup bagus.

Hasil rumput laut ini akan dijadikan bibit lagi setelah berumur 25 hari, ujar Rustiandi salah satu anggota Tim Diseminasi Rumput Laut BPBL Batam.